Latih Pelaku IKM di Ciemas Sukabumi, DPESDM Olah Mangga Khas GCP

 2019-12-17 10:08:50


SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Perindustrian dan Energi Sumber Daya Mineral (DPESDM) Kabupaten Sukabumi memberi pelatihan kepada sejumlah pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu atau GCP, terutama yang ada di wilayah Kecamatan Ciemas.

Kepala Bidang Industri DPESDM Kabupaten Sukabumi, Yana Dhefiana menjelaskan, pelatihan tersebut berlangsung selama tiga hari dan sudah dimulai sejak Jumat (15/3/2019) hingga Minggu (17/3/2019), bertempat di Pantai Palangpang, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas.

"Kegiatan tersebut diikuti 20 orang warga Desa Mekarsakti dan 10 orang warga Desa Ciwaru. Karena dua desa tersebut merupakan penghasil mangga yang cukup besar di Kabupaten Sukabumi," kata Yana kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (16/3/2019).

Yana menjelaskan, bentuk pelatihan yang diberikan antara lain cara mengolah bahan baku mangga menjadi ragam olahan seperti selai, manisan, dodol, sirup, puree mangga dan permen mangga. Kemudian warga juga diberi pelatihan cara pengemasan yang baik serta menarik.

"Kami pun akan membantu peralatan, proses sertifikasi halal juga pemasaran. Baik pemasaran secara online atau membuat galeri sentral oleh-oleh khas di kawasan GCP. Ini merupakan wujud kepedulian Pemkab Sukabumi. Masih banyak potensi alam yang harus digali dan dikembangkan agar bisa meningkatkan perekonomian warga serta menunjang keberadaan GCP," pungkasnya.

 

Source : sukabumiupdate.com

https://sukabumiupdate.com/detail/sukabumi/pemerintahan/52882-Latih-Pelaku-IKM-di-Ciemas-Sukabumi-DPESDM-Olah-Mangga-Khas-GCP


Top