DPESDM memberikan bantuan peralatan produksi seperti mesin mesin Pengering Buatan

 2020-01-15 01:17:05


IKM di Kabupaten Sukabumi mengaku terbantu berkat sejumlah bantuan yang diberikan Dinas Perindustrian dan ESDM. Kabupaten Sukabumi. DPESDM memberikan bantuan peralatan produksi seperti mesin Mesin Pengering Buatan, Loyang, alat produksi opak  dan ruang produksi opak serta lain sebagainya. 
Pada kegiatan penyerahan bantuan alat dan mesin produksi kemarin di Dinas Perindustrian dan ESDM, Ketua Kelompok Usaha Kemuning Nagrak, Euis mengaku sangat terbantu dengan bantuan DPESDM ini. Menurutnya, banyak pelaku IKM memiliki kendala permodalan sehingga tidak bisa membeli alat-alat yang mendukung kegiatan produksi selain itu Mesin pengering sangat membantu kami ketika kami tak dapat berproduksi karena kendala cuaca.
"Dengan bantuan ini jelas membantu IKM olahan Herbal di sekitar Kecamatan Nagrak. Bantuan mesin pengering buatan ini juga membuat mutu dan kualitas produk menjadi lebih baik dan lebih higienis," kata Euis, Selasa (14/01).
Euis menjelaskan, selain memberikan bantuan, DPESDM kerap turun langsung untuk melihat perkembangan IKM. "Interaksi DPESDM dengan para IKM  sangat intensif. Selain mendapatkan bantuan alat-alat yang menunjang produksi, kami juga bisa berkonsultasi mengenai produksi, legalitas, dan standarisasi produk," ujarnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan ESDM, Aam mengatakan bahwa untuk kali ini kebijakan kami akan semakin mengakselerasi peningkatan produktivitas dan mutu produk IKM. Salah satunya melalui bantuan alat/mesin kepada kelompok-kelompok IKM yang dirasa memiliki daya dongkrak ekonomi diwilayahnya. Serta tentu saja fasilitasi legalitas dan standarisasi produk IKM akan tetap diteruskan selain memfasilitasi peralalatan dan mesin produksi. 
Seiring dengan itu, Yana Chefiana sebagai kbid Industri agro sebelumnya menyampaikan bahwa periode ini kelompok IKM yang dibantu sebanyak 4. Yakni Enye Nurrahma Desa Cikembar Kecamatan Cikembar, Enye Berkah Desa Bojongkembar Kecamatan Cikembar, G-Opak Kelurahan Surade Kecamatan Surade dan Herbal Kemuning Desa Nagrak Utara Kecamatan Nagrak. Mudahan bantuan ini dapat bermanfaat dan yang paling penting adalah dapat meningkatkan produksinya sehingga dapat meningkatkan ekonomi sekitar.


Top