BIMBINGAN TEKNIS SENTRA IKM PAKAIAN JADI DI KABUPATEN SUKABUMI

 2020-10-16 10:18:30


Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor utama dan kunci  keberhasilan untuk mendorong Industri Kecil Menengah (IKM) dalam rangka meningkatkan produktivitas di tengah pandemi saat ini. Oleh  karena itu, Dirjen Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian RI yang bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan ESDM Kab. Sukabumi menyelenggarakan Bimbingan Teknis Sentra IKM Pakaian Jadi Di Kabupaten Sukabumi yang dilaksanakan di LPK Tri Lotus  Jl. Cagak Cibaraja RT 24 RW 06 Desa Cibatu Kecamatan Cisaat Kab. Sukabumi selama 4 (empat) hari pada tanggal 15 Juli – 18 Juli 2020. Bimbingan teknis ini diselenggarakan dengan mematuhi protocol kesehatan (di awali dengan melakukan rapid test terhadap semua peserta, panitia dan narasumber terlebih dahulu, menggunakan masker, hand sanitaizer, dan menjaga jarak selama kegiatan berlangsung).

Dalam Bimbingan Teknis Sentra IKM Pakaian Jadi Di Kabupaten Sukabumi beberapa waktu lalu ini diikuti oleh 20 peserta perajin konveksi yang berasal dari 7 Kecamatan dan 8 kelompok yang ada  di Kabupaten Sukabumi. Dan instruktur  pada bimbingan teknis sentra IKM pakaian jadi di kabupaten sukabumi ini merupakan Tenaga Ahli dalam bidang industry pakaian jadi dari LPK Tri Lotus.

Kegiatan Bimbingan Teknis Ini di buka secara daring melalui video conference oleh Direktur IKM Kimia, Sandang, Kerajinan dan Industri Aneka Ibu Ir. E. Ratna Utarianingrum M.Si, juga dihadiri secara daring  oleh Kepala Subdirektorat IKM Sandang dan Kulit Ibu Bhakti Widyasari Ikaningtyas, ST,MSE. Kepala Dinas Perindustrian dan ESDM Kab. Sukabumi Bapak Drs. H. Aam Ammar Halim, M.Si, Kepala Bidang Industri Non Agro Bapak Ujang Zulkipli, SKM, M.I.Pol juga turut menghadiri Kegiatan Bimbingan Teknis ini secara langsung.

Kegiatan Bimbingan Teknis Ini dilakukan selama 4 (empat) hari yaitu untuk peserta laki-laki membuat satu set kemeja dan celana, sedangka untuk peserta perempuan membuat gamis dan rok. Bimbingan teknis ini dimulai dengan pemberian materi tentang pembuatan pakaian jadi, dan praktik pembuatan pola, pemolaan pada kain, pemotongan, penjahitaan dan finishing.

Selain bimbingan teknis para peserta perajin konveksi ini pun mendapatkan bahan atau kain satu set untuk memulai praktik dirumah dan fasilitasi mesin/peralatan Pakaian Jadi yaitu diantaranya untuk Kecamatan Waluran terdiri dari dua kelompok masing-masing mendaptakan mesin jahit 2 unit dan Mesin jahit pasang kancing 1 unit. Kecamatan Cidadap mendaptakan mesin jahit 2 unit dan mesin neci 1 unit. Kecamatan Sukaraja mesin jahit 3 unit dan Mesin jahit pasang kancing 1 unit. Kecamatan Gunungguruh mendapatkan mesin jahit 3 unit dan Mesin jahit pasang kancing 1 unit. Kecamatan Cisaat mendapatkan mesin jahit 2 unit. Kecamatan warungkiara mendapatkan mesin jahit 1 unit dan mesin jahit jarum rantai 3 1 unit. Terakhir kecamatan warugkiara mendaptakan mesin jahit 2 unit dan Mesin jahit pasang kancing 1 unit.


Top