BIMBINGAN TEKNIS WUB IKM KOSMETIK DI KAB. SUKABUMI

 2020-10-14 08:28:48


Kementrian Perindustrian RI melalui Direktorat Industri Kecil dan Menengah dan Aneka (Ditjen IKMA) menyelenggarakan Bimbingan Teknis (BIMTEK) bagi Wirausaha Baru (WUB) IKM Kosmetik bersama dengan Dinas Perindustrian dan Energi Sumber Daya Mineral (DPESDM)  Kabupaten Sukabumi, yang dilaksanakan selama 4 hari, dimulai dari Selasa 22 September 2020 s/d 25 September 2020. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi IKM kosmetik dengan memanfaatkan potensi bahan baku local yang ada di Kabupaten Sukabumi.
Hari pertama Selasa 22 September 2020 pembukaan BIMTEK dilaksanakan secara Virtual (online) oleh Direktur Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kimia, Sandang, Kerajinan dan Industri Aneka (KSKIA), E. Ratna Utarianingrum serta dihadiri oleh Kepala Subdirektorat Industri Kecil dan Menengah Kimia dan Bahan Bangunan, H. Jenih, kemudian Kepala Dinas Perindustrian dan Energi Sumber Daya Mineral (DPESDM), Drs. H. Aam Ammar Halim. M. Si dan Kepala Bidang Industri Non Agro Ujang Zulkipli. SKM. M.I. POL dan para peserta dari 4 wilayah Kecamatan diantaranya, Kecamatan Sukaraja, Kecamatan Parungkuda, Kecamatan Bojong Genteng dan Kecamatan Cidahu dengan total sebanyak 20 peserta. Kegiatan selanjutnya berupa penyampaian materi tentang kewirausahaan yang disampaikan oleh Kepala Bidang Industri Non Agro, Ujang Zulkipli. SKM. MI.POL kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang Perizinan yang disampaikan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sukabumi, Andi Abdul Haris Zulkilvi, S.T selaku Kepala Seksi Pelayanan Perizinan Operasional/Komersil.
Hari ke 2 Rabu 23 September 2020, dimulai pengenalan dasar tentang kosmetik kemudian dilanjut praktek pembuatan masker wajah dan scrub yang disampaikan oleh owner PT Rumah Rumput laut, Ryan Fachrozan, S.Pi, produk yang akan dibuat berbahan dasar gliserin, simethicone dan bahan penunjang lainnya serta penambahan ampas kopi untuk produk scrub. IKM dibagi menjadi dua kelompok, kelompok pertama membuat masker wajah dan kelompok ke dua membuat scrub. Pelatihan dilanjutkan pada proses pengemasan dan diakhiri dengan pelebelan pada kemasan.
Hari ke 3 Kamis 24 September 2020, pada hari ini pelatihan dilanjutkan membuat handsanitizer dan Toner berbahan dasar utama rumput laut dan masih di bimbing oleh owner PT Rumah Rumput Laut, Ryan Fachrozan, S.Pi. Pembuatan produk ini masih dilakukan dengan dua kelompok IKM hingga pengemasan dan pelebelan pada produk.
Hari Ke 4 Jum’at 25 September 2020 pemaparan materi tentang kosmetik, izin edar dan lain sebagainya yang disampaikan oleh Balai Pembuatan Obat dan Makanan Provinsi Jawa Barat, selanjutnya dilakukan penutupan acara kegiatan.


Top