Anak Perusahaan PT SCG Berikan Pembinaan Pendampingan dan Permodalan Pelaku UMKM Sukabumi

 2021-03-26 10:12:33


TatarSukabumi.ID - PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi (TSS) sebagai anak perusahaan PT Siam Cement Group (SCG) menggelar pelatihan kewirausahaan kepada sedikitnya 17 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di 5 desa Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Pelatihan kewirausahaan ini merupakan salah satu bagian dari program ekonomi produktif anak perusahaan PT SCG di tahun 2021. Di tahun 2021 ini, tidak hanya memberikan bantuan dukungan dalam segi permodalan pengembangan usaha, anak perusahaan PT SCG  turun tangan langsung memberikan pembinaan dan pendampingan intensif pelaku UMKM bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi.

Pelatihan entrepreneurship kepada  17 UMKM terpilih di 5 Desa ini dilaksanakan selama dua hari pada Rabu (24/3) kemarin.

Peserta diberikan pemahaman mulai dari business plan, menjalankan usaha hingga membuat literasi keuangan bagaimana membuat catatan keuangan yang baik dan benar.

Tujuan pelatihan ini, 17 UMKM binaan anak perusahaan PT SCG dapat mengembangkan usaha lebih efektif dan efisien guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat di 5 desa.

Presiden Direktur PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi, Somchai Dumrongsil, kepada awak media menyatakan, di masa pandemi bukan hal mudah menjalankan dan bertahan dalam bisnis.

"Kami harap melalui pembinaan program ekonomi produktif ini dapat menjadi motivasi dan sarana bagi para pelaku usaha untuk dapat bertahan dan lebih baik lagi dalam mengembangkan usahanya.

"SCG ingin menjadi bagian dalam mewujudkan masyarakat yang mandiri dan produktif melalui pengembangan program ekonomi produktif di 5 desa di sekitar wilayah operasional kami," ungkap Somchai Dumrongsil, Kamis (25/3).

Lebih jauh Somchai memastikan PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi senantiasa berkomitmen mendukung pengembangan UMKM melalui Program Pemberdayaan Masyarakat pada bidang ekonomi produktif.

"Tidak hanya mendapatkan pendanaan untuk pengembangan bisnis namun pembinaan serta pendampingan dari instansi terkait yang disesuaikan dengan bidang usaha seperti Dinas Perindustrian dan ESDM, Dinas Peternakan, Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas Pertanian, Dinas Pariwisata, dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sukabumi serta Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat," tegasnya.

Sementara itu, Aam Amar Halim, Kepala Dinas Perindustrian dan ESDM  Kabupaten Sukabumi menyatakan apresiasi atas kontribusi yang diberikan PT SCG dukung pengembangan program ekonomi produktif masyarakat Kabupaten Sukabumi.

"Kami berharap program pemberdayaan masyarakat ini dapat terus berlangsung guna mendukung pembangunan yang berkelanjutan di Kabupaten Sukabumi," ungkap Aam.

Ditempat yang sama, Kepala Bidang Industri Agro pada Dinas Perindustrian dan ESDM Kabupaten Sukabumi, Yana menambahkan bahwa pola pembinaan CSR dengan melibatkan dinas teknis yang telah dilakukan oleh PT SCG diharapkan bisa direplikasi oleh pelaku industri lain.(*)

 

Source : tatarsukabumi.id


Top