IKM LOGAM KABUPATEN SUKABUMI MENGIKUTI KEGIATAN BIMBINGAN TEKNIS PEMBUATAN GAMBAR TEKNIK BAGI IKM KOMPONEN OTOMOTIF DI JAWA BARAT

 2020-10-12 08:07:55


Sebanyak 20 pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) Komponen Otomotif Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabum mengikuti Kegiatan Bimbingan Teknis Pembuatan Gambar Teknik Bagi IKM Komponen Otomotif Di Jawa Barat,yang diselenggarakan oleh Dirjen Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian RI yang bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan ESDM Kab. Sukabumi yang dilaksanakan di hotel Augusta Jl. Raya Cikukulu, No 72 Kec. Cicantayan Kab. Sukabumi selama 4 (empat) hari pada tanggal 28 September – 1 Oktober 2020 dengan mematuhi protocol kesehatan (di awali dengan melakukan melakukan rapid test terhadap semua peserta, panitia dan narasumber terlebih dahulu, menggunakan masker, hand sanitaizer, dan menjaga jarak selama kegiatan berlangsung).

Acara Pembukaan Kegiatan dihadiri oleh Kepala Dinas Perindustrian dan ESDM Kab. Sukabumi Bapak Drs. H. Aam Ammar Halim, M.Si, Kepala Bidang Industri Non Agro Bapak Ujang Zulkipli, SKM, M.I.Pol , Kepala Seksi Sumber Daya Industri dan Sarana Prasarana Industri pada Subdit IKM Alat Angkut Ibu Alusnaria Dahlia, ST, MM, Kepala Seksi Industri Logam, Mesin dan Elektronika Ibu Susilawati, ST.,M.Si dan Narasumber yang berasal dari Politeknik ATMI Cikarang, Bapak Thomas  Martin Sadmoko Adi Pribadi MT dan di buka secara daring oleh Direktur IKM Logam, Mesin, Elektronika dan Alat Angkut Ibu Ir. Endang Suwartini, M.Sc.

Gambar Teknik merupakan alat komunikasi, yang mengandung maksud tertentu, perintah-perintah atau informasi dari pembuat gambar (perencana) untuk disampaikan kepada pelaksana atau pekerja di lapangan (bengkel) dalam bentuk gambar kerja yang dilengkapi dengan keterangan-keterangan berupa kode-kode, simbol-simbol yang memiliki satu arti, satu maksud, dan satu tujuan.

Sebagai bahasa teknik, tentunya memerlukan standar yang bisa dijadikan acuan untuk menyamakan bahasa sehingga memudahkan pihak-pihak yang terlibat didalamnya untuk memahami, mengerti dan dapat menerapkan apa yang sudah digambarkan dalam gambar teknik tersebut

Melalui fasilitasi Bimtek ini, diharapkan para pelaku IKM Komponen Otomotif dapat meningkatkan kemampuannya dalam bidang menggambar dan membaca gambar teknik, sehingga mempermudah pelaku IKM dalam membuat suatu produk yang berkualitas dan sesuai dengan standar.


Top