Cara DPESDM Tingkatkan Daya Saing dan Produksi Kopi Kabupaten Sukabumi

 2019-12-17 09:49:28


SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Perindustrian dan Energi Sumber Daya Mineral (DPESDM) Kabupaten Sukabumi, terus berupaya meningkatkan daya saing dan kualitas produksi para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM). Salah satunya kepada pelaku IKM kopi.

Bahkan belum lama ini, DPESDM Kabupaten Sukabumi memberikan pelatihan olahan kopi, yang berlangsung dari tanggal 17 – 20 September 2019, bertempat di Kantor BPP Dinas Pertanian Kecamatan Gegerbitung.

"Pelatihan ini melibatkan peserta sebanyak 25 orang yang berasal dari 2 desa di Kecamatan Gegerbitung, yaitu Desa Sukamanah dan Desa Ciengang. Sebagaimana kita ketahui bahwa di desa tersebut tersebar lahan tanaman kopi dengan luasan lebih dari 200 Hektar," kata Kepala Dinas DPESDM Kabupaten Sukabumi, Aam Ammar Halim.

Mayoritas peserta, kata Aam berasal dari petani kopi di wilayah tersebut.Pelibatan banyaknya petani kopi di pelatihan yang diselenggarakan kali ini, adalah untuk memberikan ruang dan kesempatan bagi para petani kopi agar dapat melakukan pengolahan pada hasil panen kopinya, sehingga dapat meningkatkan taraf hidup mereka.

"Kebiasaan para petani kopi hingga sekarang adalah menjual cherry kopi tanpa melanjutkan dengan proses pengolahan berikutnya, sehingga mereka hanya bisa menjual di kisaran harga Rp 4.000 sampai dengan Rp 8.000 perkilogramnya," paparnya.

Ia berharap, dengan pengenalan pengolahan kopi (proses fermentasi biji kopi) hingga pelatihan roasting (menyangrai kopi), pelaku IKM dapat menghasilkan kopi dengan kualitas baik yang memiliki kisaran harga dari Rp. 120 ribu – 150 ribu (Robusta) per kilogramnya. "Bahkan di atas Rp. 200 ribu per kilogramnya untuk jenis Arabica," tandasnya.

 

Source : sukabumiupdate.com

https://sukabumiupdate.com/detail/sukabumi/ekonomi-dan-bisnis/59035-Cara-DPESDM-Tingkatkan-Daya-Saing-dan-Produksi-Kopi-Kabupaten-Sukabumi


Top