Rakor DPESDM Kabupaten Sukabumi, Bahas Pembangunan Berbasis Kawasan

 2019-12-17 09:40:24


SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Perindustrian dan Energi Sumber Daya Mineral (DPESDM) Kabupaten Sukabumi melaksanakan rapat koordinasi lintas sektoral di salah satu hotel kawasan Cikukulu, Rabu (20/2/2019). Rapat koordinasi tersebut membangun tema besar tentang ekonomi tahun 2020. Yaitu tentang pembangunan ekonomi berbasis kawasan.

Kepala DPESDM Kabupaten Sukabumi, Aam Amar Halim mengatakan, sejumlah perwakilan perangkat daerah yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi turut serta dalam rapat tersebut. Rapat dibuka oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Doddy A Somantri, dihadiri oleh para camat dari 47 Kecamatan dan pelaku Industri Kecil Menengah (IKM).

Ia memaparkan, contoh peran pada pengembangan ekonomi berbasis kawasan tersebut, misalnya Dinas Peternakan memfasilitasi IB dan membangun RPH yang tersertifikasi. Dinas perindustrian melaksanakan pelatihan pengolahan kulit berikut industri berbahan kulit serta pengolahan daging. DPKUKM membantu promosi dan sarana perdagangan, serta fasilitasi permodalan.

DPMPTSP membantu perizinan dan kerjasama dengan pihak ketiga utamanya dengan industri besar. Kemudian Dinas PU memfasilitasi jalan kabupaten untuk menunjang pengembangan kawasan.

"Kami berharap, selain sinergi antara usulan kegiatan pembangunan yang diinisiasi dinas dengan pihak desa dan kecamatan, juga bisa sinergi antara produk IKM dengan belanja dinas. Ketika pemda membutuhkan snack untuk jamuan rapat, bisa dipenuhi oleh IKM hasil makanan. Atau dinas yang membutuhkan alat kebersihan bisa dipenuhi oleh IKM. Begitu pula dengan berbagai keperluan lainnya," kata Aam kepada sukabumiupdate.com, Kamis (21/2/2019) melalui keterangan tertulisnya.

 

Source : sukabumiupdate.com

https://sukabumiupdate.com/detail/sukabumi/ekonomi-dan-bisnis/51973-Rakor-DPESDM-Kabupaten-Sukabumi-Bahas-Pembangunan-Berbasis-Kawasan


Top